Mobil Kesayangan Soekarno Ada di Museum Angkut Lhoo

 

Buick Limited 8 di Museum Angkut.

KOTA BATU – Koleksi kendaraan di Museum Angkut patut diacungi dua jempol. Pasalnya, beragam kendaraan mulai dari tradisional, modern, hingga future, terpajang disini. Salah satunya mobil kesayangan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Mobil Buick Limited-8 berwarna hitam tersebut bahkan masih bisa beroperasi dengan normal.

“Mobil ini adalah mobil kepresidenan dan kabarnya mobil yang paling disukai Pak Karno,” jelas Public Relation SPV Museum Angkut, Nunuk Liantin, kepada radarmalang.id.

Lanjut Nunuk, mobil Buick Limited-8 hanya ada 3 unit di Indonesia. “Nah salah satunya di Museum Angkut ini,” ucapnya. Perlu diketahui, mobil ini diproduksi anak perusahaan General Motor (GM) dari Amerika secara terbatas.

Buick Limited-8 mempunyai panjang 2,99-3,9 meter dengan mesin empat tak 8 silinder 2 katup. Berkapasitas 320 ci atau 5247 cc. Mampu menghasilkan tenaga mesin mencapai 141 tenaga kuda dengan putaran 3600 rpm. Tergolong mesin yang kuat di zamannya.

Di Museum Angkut, Buick Limited 8 kerap dipamerkan saat Cars Round Up yang diadakan setiap akhir pekan. “95 persen kendaraan disini berjalan dengan normal. Dan kita pemarkan di Cars Round Up setiap Sabtu-Minggu atau hari libur nasional jam 2 siang, di area gangster,” papar Nunuk.