Mengenal Babi Merah, 'Bule' Penghuni JTP 2

KOTA BATU – Wisatawan lokal maupun wisatawan global yang pernah berkunjung ke Secret Zoo Jatimpark 2 tentu tidak asing dengan babi sungai merah. Satwa yang merupakan salah satu unggulan di Jatimpark 2 ini ternyata memang berasal dari perairan berwarna merah sehingga disesuaikan dengan namanya.

“Babi sungai merah ini berasal dari Senegal kawasan Dakar bagian tepi semenanjung Cap Vert,” jelas Adam Ibnu Ridwan Public Relation Jatimpark Group. Ia juga menjelaskan bahwa babi sungai merah tersebut hidup di savana dengan mengkonsumsi air danau yang berwarna merah.

Merahnya danau tersebut diterangkan akibat dari bakteri Dunaliella Salina yang tertarik pada kadar garam danau tersebut sehingga organisme tersebut memproduksi pigmen merah agar mampu bertahan pada teriknya matahari.

“Dan danau tersebut tentu menjadi konsumsi bagi satwa di savana sehingga rata-rata hewan yang berasal dari sana berbulu keemasan termasuk babi sungai merah tersebut,” terang Adam.

Ia juga menambahkan babi sungai merah tersebut sama dengan jenis babi pada umumnya namun babi sungai merah memiliki masa hidup lebih panjang dari jenis babi lainya. “Biasanya 20 sampai 25 tahun. Tapi untuk babi sungai merah bisa sampai 30 tahun karena walaupun sama-sama omnivora namun imunitas babi sungai merah lebih kuat karena bakteri Dunaliella Salina bersifat menambah imuniti hewan,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia