Keren, Eco Green Park Berhasil Tangkarkan Burung Hantu Endemik dan Eksotik

 

Salah satu burung hantu endemik Indonesia, oriental bay owl.

KOTA BATU – Satu prestasi baru berhasil diraih Eco Green Park. Taman margasatwa outdoor itu berhasil menangkarkan burung endemik Indonesia jenis oriental bay owl.

“Sekarang anakannya sudah bisa terbang. Usia 3 bulan. Lahir Januari lalu,” jelas Koordinator Medical Conservation Eco Green Park, dr Nani Yuliati, kepada radarmalang.id.

Tak cukup sampai disitu, Eco Green Park juga sukses mengembangbiakan burung hantu eksotik jenis eurasian eagle owl. “Kalau yang ini sekarang sudah sebesar induknya. Mirip sekali dan sulit dibedakan malah,” terang wanita yang akrab yang dr Yuli itu.

Menurut dr Yuli, ini merupakan kali pertama oriental bay owl dan eurasian eagle owl berkembang biak di Eco Green Park. “Jika sudah bisa berkembang biak, maka sudah bisa beradaptasi disini,” terangnya.

Meskipun dr Yuli mengakui, tempat penangkaran dua jenis burung hantu itu masih belum sempurna. “Jenis pohon dengan habitat aslinya sudah sesuai. Hanya tingginya saja yang belum. Seharusnya di atas 10 meter untuk menghindari pemangsa, namun disini tidak setinggi itu. Kan disini juga tidak ada predator,” ucapnya.

Pewarta: Lizya Oktavia
Penyunting: Lizya Oktavia
Foto: Lizya Oktavia