Jatim Park Group-UMM Kolaborasi Wujudkan Kampung Hijau 'Tempenosaurus'

Kampung hijau di Kota Batu

KOTA BATU – Tak mau kalah dengan Kota Malang yang memiliki Kampung Warna – Warni Jodipan, Jawa Timur Park (JTP) Group berinovasi mengembangkan destinasi wisata. Kali ini, dengan menggaet Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kampung yang berada di Dusun Krajan Sae, Desa Beji, Kota Batu itu disulap bak sarang Dinosaurus.

Kampung tempe

Menariknya program yang juga diinisiasi mahasiwa Ilmu Komunikasi UMM tersebut, mengkreasikan mural art T-Rex, Brontosauruz, dan jenis lainnya itu dengan salah satu makanan khas Indonesia Tempe. Ya, Kampung hijau ini tampak colorfull dengan ‘Tempenosaurus Mural’.

Rektor UMM, Drs Fauzan MPd menyatakan perjalanan menuju pembuatan kampung hijau ini melalui ide dari CEO JTP Group Paul Sastro Sendjojo yang menginginkan adanya nuansa hijau ketika pengunjungnya berlibur dan menggunakan penginapan hotel ataupun apartmen.

“Pak Sastro ini kan awalnya membangun apartemen yang bagus, tapi ketika penghuni menengok ke arah selatan kok kurang menarik, akhirnya tercetuslah ide untuk mewujudkan kampung hijau ini,” ujarnya saat peresmian Kampung Hijau, di JTP 3 (6/4).

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan JTP Group memiliki gerakan menarik dalam menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya dengan mewujudkan kemandirian destinasi wisata perkampungan yang hijau dan asri.

“Membangun perkampungan juga membangun peradaban, membangun tatanan sosial dan estetikanya. Selamat dan sukses untuk Kampung Hijau, mudah – mudahan menjadi referensi pengembangan destinasi wisata di kota lainnya di Jawa Timur,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina.