Jatim Park 2 Datangkan Badak India dari Scotlandia

MALANG KOTA – Batu Secret Zoo Jatim Park 2 punya koleksi binatang langka baru. Kali ini adalah badak berbobot tiga ton, dengan usia 10 tahun. Ini adalah spesies badak bercula satu terbesar di dunia ini. Nampak, mencoba beradaptasi dengan habitat barunya.

Kulit abu-abunya terlihat keras nan tebal, bak memakai baju zirah dan tingginya kira-kira mencapai 2 meter. Yaps. Itulah Bertus, nama badak India berjenis kelamin jantan yang batu tiba di Batu Secret Zoo, Jatim Park 18 Mei lalu.


Bertus merupakan badak India pertama di Indonesia yang diterbangkan langsung dari Edinburgh Zoo, Scotlandia. Melewati Belgia, Kemudian ke Indonesia dalam waktu 48 jam.

“Badak India di Jatim Park 2 ini, betul-betul istimewa dari kami. Karena termasuk spesies terbesar di dunia,” jelas Marketing & PR Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto.

Tak hanya itu, badak India ini bukan sekedar koleksi. Melainkan juga ditujukan sebagai sarana edukasi untuk mendukung konservasi satwa badak. Terutama badak Jawa.

“Badak India memiliki kemiripan fisik yang sama persis dengan badak Jawa yang sudah termasuk hewan hampir punah, tinggal satu spesies saja. Dengan ini, semoga masyarakat lebih paham dan bisa peduli nantinya” ujar Dadan Dani Subrata, Project Koordinator Yayasan Badak Indonesia di agenda rilis Badak India, Jatim Park 2, (8/6).

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia