Gile Bro...Harga Kambing Kontes di Jatimpark Setara Harga Mobil

KOTA BATU – Semakin sering seekor kambing juara dalam sebuah kontes, semakin tinggi pula harga jualnya. Bahkan bisa ditukar dengan satu unit mobil. Seperti, Master Bejo. Nama kambing seni berjenis Peranakan Etawa (PE) Kaligesing, milik Haji Anis, 50.

Pria asal Mojokerto itu menuturkan, jika hewan ternak miliknya sempat ditawar dengan harga mencapai setengah miliyar alias Rp 500 juta rupiah. “Kalau induknya ngga akan saya lepas. Eman-eman,” kata dia. Biasanya, anaknya yang yang diperjual belikan. Satu ekor kambing anakan yang baru berumur satu minggu pun bisa dihargai Rp 15 juta rupiah.

Kepada radarmalang.id, Haji Anis mengatakan Master Bejo seringkali juara. Bahkhan, satu tahun terakhir sudahl menjadi juara satu di enam kontes berturut-turut.

Hewan ternak berbobot 130 kilogram dengan tinggi 105 centimeter dan panjang 109 centimeter itupun tak sembarangan dirawat. Mengingat penilaiannya meliputi keindahan dan estetika pada fisik kambing itu sendiri.

“Kambing seni ini, nilainya tinggi. jadi perawatannya agak tinggi juga,” tutur dia dalam perhelatan Silatnas (Silaturahmi Nasional) ke-6 Peternak Kambing dan Kontes Piala Presiden 2018, Sabtu (8/12) di area parkir Jatim Park 2, Kota Batu

Perhari Anis kerap menghabiskan lebih dari Rp 100 ribu hanya untuk memberi makanan dan perawatan bulu. Di antaranya, 2 liter susu kambing, kecambah, kacang hijau juga vitamin khusus.

“Ini juga ada perawatan untuk bulunya biar halus satu minggu dua kali. Shampoo dan conditionernya saja pakai makarizo,” ujarnya sembari terkekeh. Tak jarang, kambing yang belum genap berusia tiga tahun itupun juga sering diajak jalan-jalan keliling rumahnya sebagai bagian dari triknya untuk menjaga kesehatan.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia