Gelar Fashion Recycle, Edukasi Wisatawan

KOTA BATU – Ada pemandangan berbeda di Jawa Timur Park 1 kemarin (16/12). Puluhan model dadakan membuat akses jalan di sana menjadi catwalk. Bukan gaun biasa yang dikenakan mereka, melainkan baju-baju berbahan daur ulang. Merekalah yang turut meramaikan acara bertajuk Fashion Recycle Jawa Timur Park (JTP) 1.

Puluhan peserta itu melakukan kirab, mulai dari  pintu masuk Jatim Park 1 menuju pertigaan Jalan Kartika. Kemudian berlanjut menuju Eco Green Park, dan finis di Jatim Park 1 melalui gerbang Flying Tornado. ”Sebagai salah satu wahana yang menyuguhkan taman belajar dan rekreasi, kami ingin memberikan edukasi kepada pengunjung dalam pemanfaatan daur ulang (recycle). Bahan-bahan ini kan bisa dieksplor untuk hal yang bermanfaat, salah satunya dibuat kostum,” terang Head Entertain Jatim Park 1 Bambang Susilo Adi.

Event itu pun tak hanya diikuti komunitas atau desainer baju dari Kota Batu saja. Beberapa peserta juga datang dari luar kota. Seperti dari Jember, Bondowoso, Blitar, dan Kediri. ”Mereka (peserta dari luar kota) khusus datang untuk memamerkan karya recycle-nya di sini,” imbuhnya.

Setelah melampaui beberapa tahap penilaian, baju bertema Pesta Art karya Lusyi, warga Kelurahan Temas, Kota Batu, berhasil keluar sebagai juara. Baju itu mengangkat tema budaya khas Bali. Menggunakan bahan dasar karung beras, penyajiannya memang cukup menarik. Kombinasi warna yang disuguhkan juga cukup pas.

”Sudah sering bikin sih (baju seperti ini), paling kan kalau ada yang mau pakai tinggal beli atau sewa. Kalau persiapan untuk acara ini gak sampai sehari sudah jadi 1 baju,” terang Lusyi, pemenang acara tersebut. Menurut dia, kesiapan konsep dan finishing-lah yang menjadi bagian penting dalam pengerjaan baju semacam itu.

Pewarta: Arifina
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Arifina