Gajah Jatim Park 2 Melahirkan, Anaknya Diberi Nama Dumbo

Dumbo sedang menyusu ke induknya

KOTA BATU – Jatim Park 2 kembali berhasil mengembangbiakkan gajah, mamalia tersebar di darat. Bayi gajah yang diberi nama Dumbo adalah pemberian langsung oleh Direktorat Jendral Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Ir. Wiratno, M.Sc

Prosesi untuk menandaki kelahiran gajah Dumbo di Jatim Park 2

“Tentu sebuah kebanggaan tersendiri. Hal ini dikarenakan Gajah Sumatera merupakan salah satu satwa yang terancam punah,” ungkap Wiratno. Kepunahan gajah kata dia banyak terjadi akibat dari konversi lahan, perburuan gading, dan konflik antara gajah dengan manusia.

Sementara itu drh. Roosy Margaretha dokter hewan di Jatim Park 2 menerangkan Dumbo lahir dengan berat 87 kilogram dan tinggi 76 cm dengan perindukan gajah betina bernama Nazumi dan ayahnya Andalas. Lahirnya Dumbo terjadi pada tanggal 5 Juli 2019 pukul 02.22 dini hari.

“Alhamdulillah lahir dengan sehat sehingga perjuangan kami menjaga Dumbo bisa terbayar,” jelas Roosy. menurutnya, dokter hewan Jatim Park 2 sebelumnya telah memeriksa dan menjaga kadar kalsium darah, dan ultrasonografi.

“Semoga ke depannya Jatim Park 2 bisa terus mengembangbiakkan hewan-hewan lainya sehingga keluarga Jatim Park 2 semakin ramai,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwa