Dino Park Sambut Pergantian Tahun

KOTA BATUSatu lagi destinasi wisata spektakular bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Objek wisata bernama Jawa Timur Park (JTP) 3 milik Jatim Park Group ini sedianya bakal dibuka pada akhir bulan ini. Rencananya, dibuka untuk umum pada 24 November.

JTP 3 yang berdiri di atas lahan seluas 16 hektare ini menyuguhkan sejumlah wahana yang masih pertama kalinya ada di Indonesia. Di antaranya, wahana Dino Park yang menyajikan kehidupan dinosaurus. Selain menyuguhkan Dino Park, ada Galeri Musik Dunia, Fun Tech Plaza, House of Zombi, virtual reality terbesar di Indonesia, dan The Legend. Semua wahana tersebut terintegrasi di satu kawasan. ”Trial atau percobaan pada 24 November. Kemudian, pada Desember nanti opening resminya,” kata Marketing and Public Relation Manager Jawa Timur Park Group Titik S. Ariyanto di sela-sela mengecek lokasi JTP 3 kemarin (31/10).

Titik menjelaskan, wahana Dino Park tiap dinosaurus di wahana tersebut dilengkapi dengan sensor khusus. Sehingga, saat ada wisatawan yang masuk ke area tersebut, otomatis beberapa dinosaurus ukuran raksasa bakal bergerak dan bersuara.

Pemandangan itu seperti halnya di pintu masuk. Pengunjung akan disambut dengan gerakan dan suara dinosaurus raksasa. ”Itu ada di tepi pintu masuk sensornya. Jadi, otomatis dinosaurusnya bersuara dan gerak sendiri,” terang perempuan satu putra ini.

Selain itu, Titik menyatakan, di Dino Park juga ada wahana hidup dinosaurus. Pada wahana ini, dibagi menjadi lima zaman. Di antaranya, zaman Permian, lalu Triassic atau zaman berlangsung dari 251 juta hingga 199 juta tahun yang lalu. Kemudian, zaman Jurassic yang berlangsung antara 56,3 juta tahun hingga 201,3 juta tahun yang lalu. Selanjutnya, Cretaceous atau masa keemasan dinosaurus. Ada juga zaman Ice Age atau masa kehancuran dinosurus saat zaman es.

Selain itu, pengunjung bakal dibawa dengan kereta khusus yang dilengkapi audio otomatis saat memasuki wahana ini. Panjang rel kereta ini sekitar 200 meter, di mana di samping kanan dan kiri relnya terdapat dinosaurus raksasa. ”Secara otomatis, audionya akan bercerita dari lima masa dinosaurus saat pengunjung melintas dengan kereta,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, di area tersebut ada wahana The Legend. Sajiannya berupa patung lilin berbagai tokoh dunia di beberapa bidang. Di antaranya, Leonel Messi, pemain bola di FC Barcelona untuk bidang olahraga sepak bola. Ada juga beberapa pemain film Hollywood, seperti Sylvester Stallone.

Ada pula patung 7 presiden Republik Indonesia (RI). Yakni, mulai dari Ir Soekarno, Soeharto, Megawati, hingga presiden saat ini Joko Widodo. ”Khusus wahana ini, lahan yang disiapkan mencapai 2,3 hektare (dari total 16 hektar),” ujar perempuan yang juga menjadi wakil ketua PHRI Kota Batu ini.

Sementara itu, staf marketing central JTP Group Abdillah Adam menambahkan, tiket masuknya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu per orang. Sementara wahana ini bakal dibuka mulai pukul 10.00–18.00. ”Ini khusus Dino Park-nya. Kalau lainnya, bisa sampai pukul sepuluh malam (22.00),” imbuh pria yang bekerja di JTP Group sudah dua tahun ini.

Selain itu, dia menyatakan, di area tersebut bakal dilengkapi apartemen, hotel, kafe, mal, dan rumah makan. Semua berkonsep terintegrasi dengan wahana Dino Park. ”Apartemennya dalam proses dibangun juga,” ujarnya.

Pewarta : Imam Nasrodin
Penyunting : Ahmad Yahya
Copy Editor : Indah Setyowati
Fotografer : Falahi Mubarok